Kamis, 03 Juni 2010

Tips menggunakan Microwave

Bila Anda memiliki Microwave di rumah, perhatikan tips berikut ini agar penggunaan microwave tetap aman dan nyaman.

Setiap kali anda memasukkan wadah makanan ke dalam microwave, pastikan anda telah menggunakan wadah yang aman, yaitu wadah yang memang dibuat khusus untuk microwave. Wadah khusus microwave harus tahan panas. Jangan memakai wadah yang terbuat dari logam karena bisa memunculkan percikan api.

(sxc.hu)

Jika Anda menutup wadah makanan saat memasak dengan menggunakan microwave, pastikan wadah tertutup tersebut memiliki lubang ventilasi. Jika tidak, wadah tertutup itu bisa memunculkan letupan panas yang berbahaya, ketika tutup wadah dibuka setelah masakan matang.

Saat memasak makanan, jangan lupa untuk mengaduk makanan. Kira-kira setengah waktu memasak dari yang disyaratkan. Setelah makanan matang, biarkan makanan beberapa menit dan jangan langsung dimakan, karena bagian dalam makanan yang dimatangkan dengan menggunakan microwave biasanya lebih panas daripada di permukaan makanan. Walau terkadang wadah masih terasa dingin, namun makanan di dalamnya ternyata panas. Berhati-hatilah ketika memindahkan makanan dari wadahnya.

Jangan pernah mengaktifkan/menghidupkan microwave dalam keadaan kosong. Gelombang micro yang dihasilkan dapat menyebabkan kebakaran.

Jangan gunakan microwave anda bila pintunya rusak. Microwave seharusnya tertutup rapat ketika sedang beroperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar